Estrogen dan Pertumbuhan Hewan Ruminansia

Sudah bersama diketahui bahwasannya ruminansia jantan yang telah di kastrasi memiliki lebih banyak jaringan lemak dan jaringan otot yang lebih sedikit jika di bandingkan dengan ruminansia jantan yang tidak di kastrasi. Mereka, ruminansia jantan yang dikastrasi, memiliki efisiensi pakan yang lebih rendah daripada ruminansia jantan normal. Pemberian estrogen pada ruminansia jantan yang telah di kastrasi seperti pada kambing dan lembu akan meningkatkan pertambahan berat badan harian (Average Daily Gain ~ ADG) dan effisiensi pakan (Feed Efficiency ~ FE) sebanyak 10% s/d 20%, dengan hanya menimbukan pertambahan jumlah konsumsi pakan (Feed Intake ~ FI) yang sedikit. Seiring dengan efek-efek produksi ini terjadi peningkatan deposisi pada jaringan otot (termasuk jaringan tulang dan jaringan konektif), densitas tulang dan deposisi protein dan air. Pada saat yang bersamaan, lemak subkutan dan intramuskular mengalami reduksi, seiring dengan pertumbuhan karkas yang terjadi. Efek yang terjadi pada performa dan karakteristik karkas kambing dan lembu oleh karena penggunaan estrogen seperti dapat dilihat pada tabel. 

Tabel Formulasi Steroid Anabolik dan Penggunaannya di Peternakan Hewan.
Nama Dagang Komposisi Hewan
Synovex-S 20 mg Oestradiol Benzoate dan Lembu jantan
200 mg Progesterone
Synovex-H 20 mg Oestradiol Benzoate dan Sapi Betina Perawan
200 mg Testosterone Propionate
Ralgro 36 mg Zeranol Lembu jantan/sapi
perawan/anak sapi
12 mg Zeranol Domba muda
MGA Melengestrol Asetat Lembu jantan/sapi
0.25 - 0.50 mg/setiap hari perawan/anak sapi
Compudose 24 mg Oestradiol 17β Lembu jantan/sapi
perawan/anak sapi
Steer-Oid 20 mg Oestradiol Benzoate dan Lembu Jantan
200 mg Progesterone
Synovex - C 10 mg Oestradiol 17β dan  Anak Sapi
100 mg Progesterone
Heifer Oid 20 mg Oestradiol Benzoate dan Sapi Perawan
200 mg Testosterone Propionate
Finaplix - S 140 mg Trembolon Asetat Lembu jantan
Finaplix - H 200 mg Trembolon Asetat Sapi  Perawan
Revalor - S 120 mg Trembolon Asetat Lembu jantan
dan 24 mg Oestradiol 17β
Revalor - H 140 mg Trembolon Asetat Sapi Perawan
dan 14 mg Oestradiol 17β


Yang di tunjukkan oleh tabel tersebut merupakan hasil perlakuan dengan menggunakan estrogen dalam jangka waktu 164 hari. Implant pada lembu menggunakan Synovex S atau Ralgro pada hanya pada hari pertama atau pada hari pertama dan hari ke-70 (kelompok re-implant). Estradiol 17 B digunakan sebagai kontrol. Tidak terdapat perbedaan statistik yang dapat terlihat dengan jelas pada penggunaan estrogen dan progesteron dengan Zerano atau oestradiol 17B. Tidak ada perbedaan dalam hal sumber estrogen pada karakteristik kinerja tetapi karakteristik kinerja ditingkatkan dengan treatment estrogen pada hewan yang tidak mengalami treatment.

Pada saat estrogen diberikan ruminansia jantan yang tidak mengalami kastrasi , hanyalah sedikit, dan efeknya bervariasi untuk diamati. Terjadi penurunan agresivitas pada pejantan, dan pada umumnya, terjadi peningkatan kandungan lemak baik pada sapi maupun kambing. seperti yang dapat kita perkirakan, betina memiliki respon yang sangat rendah terhadap estrogen eksogen, yang mana hanya akan menimbulkan efek minor saja.

artikel terkait :
  1. Androgen dan Pertumbuhan Ruminansia
  2. Mengenal Kortikosteroid
  3. Monitoring Jumlah dan Pola Penggunaan Agen Anti Mikroba Pada Pakan Hewan Untuk Ternak Konsumsi 
  4. Agen Pemacu Pertumbuhan (Growth Promoting Agent) 
  5. Antihistamin
Estrogen dan Pertumbuhan Hewan Ruminansia Estrogen dan Pertumbuhan Hewan Ruminansia Reviewed by Wignya Kusuma on 8/02/2013 Rating: 5
Powered by Blogger.